PT Sorik Mas Mining Merancang Lubang Raksasa di Puncak Tor Sihayo

peta 1: lokasi Tor Sihayo yang mau dikeruk beserta sungai2 dan kampung2 di sekitarnya. Sumber: Dokumen C

Apa yang akan dilakukan oleh PT Sorik Mas Mining (PT SMM) di Tor Sihayo, area kontrak karya mereka di blok bagian utara? Meskpiun belum begitu detil, akan tetapi ada baiknya kita cermati bersama beberapa model yang tampil dalam bahan-bahan presentasi mereka—yang seperti biasanya, ditujukan untuk para investornya di luar negeri sana.

Pertama-tama, mari kita lihat dulu peta sekitar area seperti pada peta 1. Peta ini saya dapatkan dari Dokumen C yang sudah saya kutip pada tulisan sebelumnya. Dalam Peta 1 terlihat bahwa posisi lokasi Sihayo dan Sambung yang menjadi target PT SMM berada di puncak Tor (“bukit”) Sihayo. Kalau kita cermati lebih jauh, maka dari Tor Sihayo inilah mengalir sungai-sungai yang menuju ke beberapa desa di lembah dan pada akhirnya bermuara di Sungai Batang Gadis.

Dari peta misalnya, kita dapat melihat Aek Galo. Aek adalah Bahasa Mandailing, kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya air. Dalam keseharian, kalau digandengkan dengan kata lain seperti “Aek Galo”, maka ia berarti “Sungai Galo”. Sepanjang perjalanannya menuju Batang Gadis, kita dapat melihat bahwa Aek Galo ini melewati beberapa Desa seperti Humbang, Tambiski, Banua Rakyat, dan pada akhirnya bermuara di Batang Gadis.

Di sebelah Utara Aek Galo ini kita masih dapat melihat adanya sungai-sungai kecil yang lain yang mengarah ke Batang Gadis seperti Aek Tumbasior dan Aek Lobo. Kemudian ada beberapa Sungai yang mengarah ke utara dan barat, Seperti misalnya Sungai Sihayo. Dengan demikian, maka Tor Sihayo ini sebenarnya menjadi area tangkapan air bagi beberapa kampung yang ada di kakinya.

Pola pengairan yang berkembang adalah pola pengairan radial, dimana beberapa sungai memancar dari satu titik menuju ke segala penjuru mata angin. Secara logis, hal ini sangat simpel untuk difahami. Karena Tor Sihayo adalah sebuah “gunung” dengan ketinggian 1065 m di atas permukaan laut, maka ia menjadi zona tangkapan air, dan dari beberapa titik di punggungannya berkeluaranlah mata air-mata air yang mengalir menuju lembah, hingga pada akhirnya bersatu membentuk sungai yang lebih besar.

Apa yang direncanakan oleh PT SMM terhadap Tor Sihayo? Untuk itu kita akan melihat dua peta lagi, yaitu peta 3 dimensi rencana penambangan (peta 2) dan peta sayatan geologi regional 3 Dimensi Tor Sihayo dan sekitarnya (peta 3). Peta 2 saya dapatkan dari dokumen bertajuk Result of Annual General Meeting for Shareholders 27th November 2009—selanjutnya akan disebut Dokumen D—yang dikeluarkan oleh Opora Limited—nama lama Sihayo Gold Limited, pemegang 75% saham pada PT SMM, 25% lainnya dipegang oleh PT Aneka Tambang Tbk. Sementara peta 3 saya peroleh dari Sihayo Gold Limited March 2010—selanjutnya disebut Dokumen E—yang juga digunakan sebagai bahan presentasi bagi para investornya.

peta 2: diagram blok 3 dimensi Tor Sihayo yang mau dikeruk beserta perkiraan posisi desa-desa di Kakinya. Diolah dari: Dokumen D

Pada peta 2 kita melihat penampang melintang Bukit Sihayo yang akan dikeruk oleh PT SMM menjadi sebuah lubang raksasa dengan posisi perkiraaan desa-desa yang berada di kaki Tor Sihayo. Meskipun pada peta 2 ini terlihat bahwa unit batuan yang mereka incar berada hanya pada hitungan sampai 200 m dari permukaan Tor Sihayo, akan tetapi tidak ada jaminan bahwa mereka akan membuat lubang raksasa hanya sedalam kira-kira 200 m di puncak Tor Sihayo. Karena, dalam standar praktis dunia pertambangan, data selalu berkembang beriringan dengan majunya proses. Maksudnya begini, kalau PT SMM sudah berhasil membuat lubang raksasa sedalam 200 m, maka mereka bisa mengetahui kondisi batuan bawah permukaan di kedalaman 200 m yang sekarang. Dengan demikian, kalau di bawah (katakanlah 200 m) mereka menemukan deposit mineral lagi, maka penambangan akan diteruskan. Sementara, semakin dalam sebuah lobang tambang terbuka, maka semakin besar diameternya di permukaan.

peta 3: disain lobang raksasa yang sedang dirancang PT SMM untuk mengeruk emas di puncak Tor Sihayo. Sumber: Dokumen E

Dari peta 3, maka dapat kita lihat bahwa PT SMM sudah menyiapkan lobang raksasa sepanjang kurang-lebih 0.5 km di puncak Tor Sihayo. Dengan catatan, masih ada kemungkinan bertambah panjang dan luas lobang raksasa yang sedang dirancang tersebut. Hal ini dapat kita ketahui dari hadirnya tanda panah berwarna merah yang mengarah ke arah lembah. Ketiga tanda panah berwarna merah ini, mengindikasikan bahwa mereka memperkirakan batuan yang mengandung emas sangat mungkin lebih banyak dari yang mereka perkirakan dan karenanya, lobang tambang akan diperluas sesuai arah panah.

Setelah pembahasan mengenai rancangan lubang raksasa yang sedang disiapkan oleh PT SMM di puncak Tor Sihayo di atas, maka sekarang ada baiknya ditampilkan seperti apa keadaan Tor Sihayo dan lokasi seputarnya seperti yang terdapat pada gambar 1 berikut ini.

gambar 1: salah satu contoh lokasi pemboran PT SMM. hutan seperti inilah kira-kira yang mau dikeruk, :(. Sumber: dokumen C

Dapat anda bayangkan kalau kelak PT SMM membuat lubang raksasa di Puncak Tor Sihayo, maka alamat tinggal lubanglah hutan tropis seperti yang ada dalam gambar 1. Alamat celakalah penduduk di Desa-Desa yang tinggal di lembah Tor Sihayo dan pasti akan terdampaklah semua warga yang tinggal di DAS Batang Gadis. Meskipun untuk poin terakhir tentu saja studi yang lebih detil mengenai sedalam dan seluas apa dampaknya bagi warga masihlah perlu dilakukan.

Dengan demikian, saya tak melihat ada cara lain untuk menutup tulisan ini kecuali dengan cara kembali menyerukan kepada Mora, Kahanggi dan Anak Boru di Mandailing, agar segera USIR SORIK MAS MINING DARI BUMI MADINA!!!

BERITAHUKAN KEPADA SEMUA KAWAN2 KITA, MORA, KAHANGGI, ANAKBORU. BERGABUNGLAH DALAM GROUP “USIR SORIK MAS MINING DARI BUMI MADINA” di FB: klik

AYO BERJUANG!!!

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di opini dan tag , , . Tandai permalink.

30 Balasan ke PT Sorik Mas Mining Merancang Lubang Raksasa di Puncak Tor Sihayo

  1. herdyah berkata:

    gud luck bos, semoga Tor Sihayo tetap menghijau :)

  2. Arbe berkata:

    BE BRAVE AND ANGRY !!!

  3. Salahuddin berkata:

    Mungkin baru kali ini ada geolog yang berjuang dengan lantang membela rakyat kecil tanpa embel-embel institusi karena memang nurani adalah hanya milik orang yang berani berdiri sendiri. Dunia maya hanyalah awal, terus berjuang, Bosman!

  4. pondasimadina berkata:

    11 taon Kab Madina tdk mendapat kontribusi untuk PAD dari PT SORIK MAS MINING.
    Bahkan pengakuan mereka sesuai pemberitaan media massa PT Sorik Mas Mining msh tahap eksploitasi.
    Mari rakyat madina bersatu untuk mengungkap kasus besar ini.

  5. subuh iskandar b berkata:

    ok thanks, tulisannya cukup meng-ilhami, segala bentuk perlawanan memang harus digalang. sekedar info, kami di ulupungkut sudah membentuk satu organisasi yaitu batang pungkut green conservasi ( bggc), yang insya allah akan deklarasi minggu ke 3 september. program utama organ tsb tentunya menentang masuknya perusahaan tambang di ulupungkut.(sekretariat di huta godang, kec. ulupungkut, mandailing natal).

    kami sangat berharap dukungan kawan2 semuanya ( juga para perantau) yang berasal dari mandailing natal.terutama kawan2 yang mau sharing tentang metode perlawanan yang paling pas. untuk sementara kalau kawan2 punya ide/saran tt hal tadii silahkan kirim ke email :batangpungkut_green@yahoo.co.id atau subuh_iskandar@yahoo.com.

    • bosman berkata:

      Bung Iskandar, saya sangat senang kawan2 sudah berorganisasi di sana.

      berdasarkan pengalaman saya di Lumpur Lapindo, Porong, Jawa Timur, maka hal pertama yang harus dikerjakan adalah konsolidasi ke bawah. adapun seperti yang saya lakukan ini (berkoar2 di dunia maya) tidaklah ada artinya tanpa nyambung dengan gerakan kawan2 di grass root. ide tanpa kaki tidak mungkin berjalan.

      saya personal hanya bisa mengerjakan yang seperti ini, melakukan advokasi di dunia maya. saya belum bisa turun ke Madina, tetapi saya akan mendukung semua gerakan kawan-kawan yang se-ide di Madina sana. saya akan dengan sangat senang hati membantu kawan2. kalau perlu saya mau jadi international representative-nya. tentu saja setelah kita ngobrol banyak nanti. saya akan pulang pada hari raya, saya harap kt dapat berdiskusi terbuka di situ. kalau ide ketemu, kita lihat nanti gerakan seperti apa yang dapat kita kerjakan bersama.

      kemudian, sola ulupungkut, saya mencoba menganilisis peta blok eksplorasi SMM yang di selatan, hasilnya dapat anda baca pada bagian lain blok ini dengan tajuk “Sorik Mas Mining Juga Mau Menjarah Gunung Kulabu”.

      terakhir, sekali lagi saya ingin tekankan kepada anda Bung Iskandar, jangan lupa turun ke bawah, solidkan semua keluarga, mora, kahanggi dan anak boru, orang sekampung, sekecamatan, dan se-Madina pada akhirnya. lakukan pendidikan rakyat. rakyat yang solid adalah kunci dari gerakan seperti ini. tanpa itu semua, percayalah, gerakan kita hanya akan berujung pada sebuah titik yang sia2. dan ingat, tidak ada yang sia2 kalau kt bekerja bersama rakyat.

      salam hangat dan sampai ketemu
      bosman

  6. Bidarlis Rangkuti berkata:

    Suarakan terus supaya keserakahan untuk merusak alam tidak sampai ke bumi mandailing. Paparkan datanya bila ada yg baru. Salut buat yg berani bicara lantang dan ilmiah

  7. Si Geologist berkata:

    Keep fighting, I am fully support with your idea to keep green forest in your homeland. I am sure God will help you on this matter.

    There are some greedy people outside, just only looking for their own prosperity.

    We need green forest to keep our live in the future, when the skies having too much polution.

    Good luck Bosman…

  8. rahmadhani berkata:

    terima kasih atas infonya pak bosman. tapi ini tidak cukup bekerja di dunia maya tapi perlu anda infokan ke dunia nyata yaitu masyarakat madina sendiri. perlu pendidikan kepada masyarakat. karena tidak semua masyarakat madina tahu. tapi yang harus diantisipasi adalah pemkab sendiri, saya khawatir jangan-jangan sudah da kesepakatan antara pemkab dengan pihak pt sorik mas mining. klo da kesepakatan antara kedua belah pihak maka usaha anda menyebarkan info ini terkendala. maka coba anda turun ke lapangan juga pak

  9. edi sarman hasibuan berkata:

    oyo ……. bung jangan biarkan tanah tumpah darah kita di acak acak sama penjajah kami siap berjuang ……. baravo ….warga ulupungkut.

  10. begomoore berkata:

    Semoga terealisasi dengan baik dan masyarakatnya mendapat manfaat yang baik. . .

    http://b3gomoore.wordpress.com

  11. Mursidul Lubis berkata:

    SATAHI SAHUDURAN …
    Terlepas pada Pro dan Kontra antar kita sesama Warga Masyarakat Madina Yang Madani, Ijin saya Bergabung ….
    Salut pada sdr2 yg tlh menjiwai dan sudah merasa memiliki madina.
    Dalam Hal yang Menyikapi Permasalahan ini, saya mencoba lempar info kpd sdr2 dan hrp sgt pemikiran realistis dlm menyikapi nya.
    1. Benar Kita Tahu bhw jajaran Bukit Barisan kaya dgn bahan Tambang.
    2. Guru Kita Willem Iskandar tlh Mengisaratkan dlm Buknya.
    3. Rekan2 ilmuan, apa tdk ada jln keluar dlm hal ini sehingga SDA Madina ini bermamfaat untuk Masyarakat.
    4. Bukan kah Tuhan memberikan karunia ini untuk dimamfaatkan
    5. Apa gk ada Org madina yg bisa memberikan solusi ilmiah sehingga aszas karunia, mamfaat, keselamatan, kelestarian, dapat sejalan dalam hal ini.
    6. Tekhnologi tlh maju, peradaban sdh berjln, pola pencerahan masyarakat harus berimbang.
    7. Akhirnya adalah ke Maslahatan Masyarakat Madina yg lbh utama dgn Hati yg Lapang dlm Menyikapi Keadaan.

  12. Mursidul Lubis berkata:

    SATAHI SAHUDURAN
    Sdr2 ku, Slh satu tolak ukur kesjhtraan suatu wilyah pemerintahan adalah PAD daerah setempat tampa membebani masyarakatnya dengan kutipan2 siluman, dengan ini program pembangnan baik Mental, Sipritual dan infrastruktural Madina nan madani akan terwujud.
    So, Byk potensi di Madina Baik sdh tergarap dan belum terjamah. Kemana smuanya, dan akan di buat bagaimana kekayaan itu kedepan.
    Hemat saya, siapapun yang mau jadi Investor mesti di dukung tentunya dengan mengedepankan keberpihakan pada Masyarakat Madina lbh utama.
    Jika kita tdk bisa garap sendiri hal yg sdh kita tahu semua, sementara itu sangat kita butuhkan untuk pembangunan berkelanjutan. pertanyaan nya srku, “MAU KEMANA DIBAWA KEKAYAAN ALAM MADINA KITA “.
    Bangga kah kita hanya dijuliki penyimpan, penimbun2 harta dst ..
    Ulasan saya ini dimaksudkan kpd sdr2ku smua terlebih yang di posisi Desition Maker, agar meningkatkan kemapuan DAYA TAWAR kita ke jenjang yg lbh tinggi.
    Salam Semangat ….

  13. zuhail berkata:

    Insya Allah kami akan ikut berjuang bersama anda untuk mengusir penjajah ala modren seperti PT SMM,yg dampaknya pasti membuat rakyat mandailing natal melarat di daerahnya sendiri yg kaya dgn segala hasil buminya.yg penting sekarang kita jgn terpecah.selamat berjuang!

  14. agoenk aremania berkata:

    hijau bumiku
    hijau indonesiaku
    hentikan perusakan hutan
    usir perusak hutan
    lestarikan warisan nenek moyang kita
    bener2 aku dukung para pecinta alam ini.
    hentikan penambangan yang kayak gini karena tidak akan menguntungka malah akan memberi bencana pada kita semua. mau di taruh di mana anak cucu kita nanti kalo alamnya rusak. wes ta dukung meskipun aku bukan anak sumatra tp aku anak INDONESIA

  15. madi berkata:

    usir pt sorik masmining

  16. Sardani Lubis berkata:

    Lebay Nih si Bosman.
    lu mah mo bikin lobang ilegal mining disono. lebay lo… lebaaaaaaaaaay………………

  17. felix berkata:

    maju terus,demi masyarakat madina,mari rapat kan barisan,

  18. Martua P Lubis berkata:

    Saya mendukung dengan penuh perjuangan ini, Bung Bosman Batu Bara…….saya juga banyak browsing tentang hal ini dan saya menemukan di Forum National Geographic Indonesia juga lagi memperjuangkan Taman Nasional Batang Gadis agar tidak dijadikan tambang emas sumber http://nationalgeographic.co.id/forum/topic-1690.html

    Di forum ini juga mereka lagi mengumpulkan dukungan untuk petisi ke pemerintah RI…..agar TNBG tidak dijadikan tambang emas……kawan-kawan seperjuangan bisa isi dukungan ini di link diatas halaman ke-2 dukungan langsung dikirim ke pemerintah RI.

    Sejarah telah banyak membuktikan bahwa rezim-rezim bertumbangan oleh kekuatan rakyat yang bersatu.

    Nah saya percaya seperti bung Bosman percaya bahwa kekuatan masyarakat Mandailing yang bersatu yang merapatkan barisan di daerah dan di perantauan akan mampu mengusir PT SMM.

    Pemerintah selalu menutup mata terhadap resiko yang akan ditanggung oleh masyarakat di sekitar tambang, begitu juga dalam pemberian HGU dalam pemanfaatan hutan di daerah-daerah……..masyarakat selalu jadi korban banjir yang menelan kerugian materil dan moril…..sementara pengusaha dan cukong menikmati hasil, hal ini terjadi di mana-mana di seluruh nusantara. Kebijakan-kebijakan ini terjadi karena imbalan yang selalu ditawarkan oleh pengusaha untuk mendapatkan izin kepada pejabat-pejabat pembuat kebijakan di pemerintahan baik daerah maupun pusat. Tanpa akal sehat dan hatinurani para pejabat membuat kebijakan-kebijakan tanpa melihat resiko yang ditinggalkan di kemudian hari.

    Jadi masyarakat khususnya Mandailing harus peduli, jika tidak ingin bencana banjir bandang dari puncak Tor Sihayo menghanyutkan desa-desa di aliran sungai (seperti kejadian banjir bandang di Bahorok akibat penebangan hutan di puncak bukit)

    Mari bersatu mengusir PT SMM…..sampaikan kepada yang lain ……sebagai bentuk perjuangan

  19. Safruddin siregar berkata:

    Dimana keadilan sosil bagi seluruh rakyat indonesia
    laut, darat dan udara dikuasai oleh negara demi kepenti rakyat
    kenapa PT.SORIK MASMINING DIBERI IZIN/KUASA untuk menyengsarakan rakyat
    ini menjadi fakta bahwa pemerintah pemegang kuasa telah menyalah gunakan kuasa yg diamanahkan rakyat indonesia sebaiknya cabut kuasa itu karna telah menghianati pembdri kuasa dan atau tidak lagi mecerminkan keadilan yg dimaksut dlm pancasila

  20. anto berkata:

    terlepas pro dan kontra diatas, sy mau sedikit jelaskan yang sy sendiri tidak ada sangkut paut dengan dunia tambang karena sy memang kerja sy bukan dibidang itu.

    sebenarnya kalau mau jujur, jangan hanya SMM aja yang diusir..liat tuch di desa huta bargot, ntah udah berapa ratus bahkan ribuan lubang yang dibuat masyarakat sampai sudah menelan korban..trus apa beda SMM dan tambang yang dibuat masyarakat itu. tohh akhirnya juga akan mencemari sungai karena bagaimanapun masih menggunakan zat kimia dalam process pemisahaannya. bahkan suatu saat gunung itu akan rata. bapak2x liat aja dilapangan gimana praktek yang dilakukan disana..bawa tanah satu goni keluar dari kampung itu bayar berapa ke siapa, trus keinstansi yang lain gimana?..kita nggak usah menutup nutupinya. trus pada akhirnya yang diuntungkan tetap sekelompok orang.

    trus apa bedanya antara SMM dan penambang liar yang jumlahnya ntah berapa banyak yang punya lubang ntah berapa banyak dan jumlah pekerja ntah berapa banyak?..

    setiap process produksi pasti mempunyai suatu dampak, namun apakah dampak yang ditimbulkan akan lebih banyak manfaatnya atau mudhoratnya?..
    Bagimana kalau investornya orang mandailing sendiri dan juga pekerjanya semua orang mandailing?..apa kira kira ada masalah?

    kalau YA..trus..apa tujuannya tajuk ilmiah diatas
    kalau TIDAK..trus untuk apa gunanya hasil yang berlimpah kalau tidak digunakan untuk kemaslahatan orang madina.

    ada nggak suatu ide dari kawan 2x kalau memang investornya yang jadi masalah, pernah nggak dipikirkan mungkin semacam kumpulkan dana dari masyarakat termasuk dari perantauan untuk membeli saham SMM bila perlu 100%. emmang sudah pernah dilontarkan keforum semacam buat koperasi hanya saja waktu itu ribet sewaktu siapa yang jadi pengurusnya, trus giman sistem audit trasparansinya..wah..banyaklah.. kalau masyarakat madina + perantauan mempunyai anggota 1 jt orang trus depositkan tiap orang 500rb, maka dana yang terkumpul sudah 500milyar. berapa % saham yg didapat dari SMM? sehingga kepemilikan akan pindah..memang ide ini agak konyol tapi kalau semua bersatu pasti akan ditemukan jalan keluarnya tanpa harus membuat suatu kesan kekerasan.

    sekedar menanggapi dan mohon ma’af bila dianggap salah apalagi dicap penghianat.

  21. Nasution Borotan berkata:

    sonjia doma jadina madina yang madani on…………..
    naona jajah dope dabo ita
    goarna do namerdeka………….

  22. Khoirul syukri Nst berkata:

    cara melamar kerja ke PT Mas Mining kayak mana cara recruit karyawan nay apk?

    Terima kasih sebelum nya pak>

  23. jo berkata:

    kehadiran sebuah perusahaan di daerah tentu sangat membantu pertumbuhan ekonomi rakyat didaerh tsb, asal diawasi dgn jjr

  24. Fanji Daulay berkata:

    Mari bergandeng tangan untuk mengusir PT. SMM yang sudah menjadi parasit di bumi gordang sembilan….

  25. Tergantung pada pemerintahan’nya. DPRD nya juga tidak perduli.
    Rakyat yang menderita. Suatu saat MADINA ku hanya tinggal kenangan, & tinggal Nama!!!!!

  26. Black Bird berkata:

    cara satu2nya,ntuk mengusir penja2h d bagas taon,pakumpul doma datu sa madina on so baru isantet sude,beres kannn…….?klw kita mlwan org yg nguasai ilmu politik,ya hrus dengan ilmu politik dan harus punya kekuasaan juga,,,,,,,,iya tohhhh?bktikan klw you pnya rasa cinta tanah air,,,,,,kluarkan amarah mu,jangan hanya marah dalm hAti……

  27. Riky sinaga berkata:

    Ilmu politik sprt ini hanya bs di basmi dgn rkyt madinanya sndiri itupn hrs pnh pnddkn n cara politik militer.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s