Surat Kesepakatan Bersama

Kami masing-masing yang bertanda tangan dibawah ini mewakili masyarakat Kecamatan Ulu Pungkut adalah OKR, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda se-Kecamatan Ulupungkut, pada hari ini Rabu tanggal sepuluh Mei Tahun Dua Ribu Enam melaksanakan pertemuan di Aula Kantor Camat Ulu pungkut untuk membuat suatu kesepakatan bersama berupa Pernyataan sikap seluruh elemen masyarakat di kecamatan Ulu Pungkut menyangkut keberadaan Perusahaan Pertambangan PT Sorik Mas Mining dan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) di kabupaten Mandailing Natal:

  • Menolak Kehadiran Perusahaan Pertambangan PT Sorik Mas Mining dan Perusahaan Pertambangan lainnya untuk beroperasi di Kecamatan Ulu Pungkut dengan segala resiko dan alasan apapun karean akan berdampak sangat luas terhadap kerusakan lingkungan.
  • Menerima kehadiran Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) di Kecamtan Ulu Pungkut dengan catatan ketentuan sbb:
  1. Segala sesuatu menyangkut pengelolaan TNBG harus berpedoman pada Peraturan Meteri Kehutanan Nomor: P. 19/Menhut-II/2004 Tentang KOLABORASI PENGELOLAAN KAWASAN SUAKA ALAM DAN KAWASAN PELESTARIAN ALAM sesuai dengan yang telah disepakati sebelumnya dengan seluruh elemen masyarakat Mandailing Natal
  2. Segala sesuatu menyangkut Pengelolaan TNBG harus berdasarkan kemitraan dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yang berdomisili disekitar wilayah TNBG
  3. Enclave yang terdapat di Wilayah Kecamatan Ulu Pungkut tetap dipertahankan sesuai peraturan yang telah diberlakukan sebelumnya
  4. Apabila ternyata pihak pengelola TNBG tidak memperlihatkan point (1), (2) dan (3) diatas kami mewakili seluruh elemen masyarakat se-Kecamatan Ulu Pungkut sepakat menolak Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) diberlakukan di Kecamatan Ulu Pungkut-Kab Mandailing Natal.

Demikian kesepakatan ini kami perbuat dengan sebenarnya tanpa ada unsur paksaan dan rekayasa dari pihak manapun, akan tetapi adalah untuk menghindari terjadinya persoalan dan permasalahan ditengah-tengah masyarakat dimasa yang akan datang, kepada pihak-pihak terkait menyangkut Perusahaan Pertambangan PT. Sorik Mas Mining dan Taman Nasional batang Gadis agar dapat memakluminya.

Hutagodang, 10 Mei 2006

Kami yang membuat Kesepakatan Bersama

Lebih lengkap soal dokumen ini silahkan unduh di Surat Kesepakatan Bersama

Dokumen ini ditandatangani oleh 55 orang tokoh masyarakat Kecamatan Ulu Pungkut, mereka berasal dari Desa Hutagodang, Hutapadang, Simpang Duhu Lombang, Simpang Pining, Simpang Duhu Dolok, Muarasaladi, Alahankae, Simpang Banyak Julu, Simpang Banyak Jae, Habincaran, dan Desa Tolang.

Dokumen ini saya (BB-red) dapatkan dari salah satu kepala desa di Kecamatan Ulu Pungkut yang menghadiri pertemuan tersebut

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Berita, opini dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Surat Kesepakatan Bersama

  1. edi nasution berkata:

    muda sanga ise na por roana giot manjalak tpok-topik ni losung sere ni Patuan Langit dohot losung sere ni Raja Nagasaki, marlao-lao ma jolo homu tu situs ni bayo suti ima: http://bayosuti.blogspot.com.
    Madung tolap ko tu Brussel Bosman ? Selamat majuang mada Batubara, Horas !!!

  2. baladajalan berkata:

    mudahan adanya surat kesepakatan ini, masayarakat di sana lebih baik…

    slm

    MAS

  3. ali hasjmi rangkuti berkata:

    assalamualaikum!smoga sluruh hutan dan isi’a dapat di lestarikan dan saudara2kta d sana dapat hdp tenang dan makmur d sana ….amin….!!!!!!

  4. bayo nasution berkata:

    jgn biarkan TNBG dan PT.SORIKMAS MINING ada d MADINA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s