PT Sorik Mas Mining Jangan Adu Domba Pemkab Mandailing Natal Dengan Masyarakat

Tuesday, 24 August 2010 16:20

Panyabungan, (beritasumut.com)

Terbitnya SK Bupati Mandailing Natal Nomor: 300/470/K/2010 tentang pembentukan tim peneritban masyarakat di wilayah Tor Sihayo dan Sambungan, Kecamatan Siabu dan sekitarnya, menuai kontroversi.

PT Sorik Mas Mining (SMM) diminta jangan mengadu domba Pemkab Madina dengan masyarakatnya sendiri. Hal itu diungkapkan Ketua Satuan Mahasiswa Pemuda Pancasila Madina (Satma PP Madina) Tan Gozali kepada wartawan di Panyabungan, Selasa (24/08/2010).

Tan juga meminta supaya tambang emas PT SMM di Tor Sihayo berhenti beroperasi. Perusahan tambang emas milik Australia dan 25 pemilik saham lainnya itu juga diminta berhenti mengadu domba pemerintah dengan masyarakat, karena ini bisa menimbulkan konfilik di tengah-tengah masyarakat.

“Kalaulah Tim 9 bentukan Bupati Madina bertujuan untuk pelestarian hutan di wilayah hutan lindung dan Taman Nasional Batang Gadis kenapa tidak melibatkan Dinas Kehutanan dan Perkebuanan Madina, Balai TNBG, dan Badan Pertanahan,” papar Tan.

Lebih lanjut Tan menilai, pembentukan Tim 9 merupakan kedok saja dan kepentingannya hanya untuk menggusur masyarakat yang sudah lama berlahan di kawasan Tor Sihayo dan sekitarnya mulai dari nenek moyang mereka.

Masih kata Tan, pembentukan Tim 9 juga dianggap akal-akalan yang dibuat PT SMM supaya tidak membayar biaya ganti rugi kepada masyarakat. “Ini tidak boleh kita biarkan karena ini adalah bentuk pelanggaran dan penjajahan kepada masyarakat Nias yang mau digusur oleh Tim 9 demi kepentingan perusahanan,” ujarnya.

Selanjutnya Tan Gozali berharap agar Bupati Madina H Amru Daulay untuk mencabut SK tersebut karena itu bisa menimbulkan polemik bahkan akan menimbulkan konflik besar apalagi ini adalah salah satu bentuk pelanggaran HAM yang cukup serius untuk disikapi sebelum terjadi konflik.

Kepada PT SMM, didesak supaya cepat-cepat angkat kaki dari bumi Mandailing Natal sebelum masyarakat Madina marah melihat tingkah PT SMM yang akan berencana mengusir warga dari Tor Sihayo.

“Kita belum tau atas dasar apa Bupati Madina mengeluarkan SK No: 300/470/K2010 karena yang kita ketahui dulu Pak Amru yang paling getol melawan tambang ini. Kenapa sekarang dia pula yang menjadi musuh utama masyarakat melawan tamabang. Seharusnya di akhir jabatannya yang tinggal beberapa hari lagi, Pak Bupati dapat memperbaik kinerja supaya tidak meninggalkan kesan yang tidak baik kepada masyarakat,” tandas Tan. (BS-026)

sumber: www.beritasumut.com

Tulisan ini dipublikasikan di Berita dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke PT Sorik Mas Mining Jangan Adu Domba Pemkab Mandailing Natal Dengan Masyarakat

  1. ahli 99 bisa berkata:

    jangan berantam karna emas sebab emas tak ada fungsinya coba kita berpikir emas bg manusia tak ada gunanya hanya lambang keserakahan sj

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s