Penolakan 13 Desa di Ulupungkut terhadap PT Sorikmas Mining

1. PERNYATAAN WARGA DESA HUTARIMBARU
PERNYATAAN
Bissmilahirrahmanirrahim
Dengan ini kami menyatakan bahwa kami menolak aktivitas pertambangan khususnya yang dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining dikawasan desa Hutarimbaru Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal, karena kami melihat bahwa pertambangan sestim terbuka seperti izin PT. Sorikmas Mining hanyalah keuntungan sesaat yang akan mengakibatkan kerusakan lingkungan serta akan terjadinya pemiskinan secara sistematis.
Oleh karena itu atas nama warga masyarakat desa Hutarimbaru dan sebagai masyarakat pewaris sah daerah ini menyatakan menolak aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining dan mendesak kepada pengambil kebijakan dinegeri ini untuk segera membatalkan kontrak karya tersebut.
Demikian pernyataan ini kami perbuat dengan penuh kesadaran, dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.
Jum’at, 4 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT HUTARIMBARU
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

2. PERNYATAAN WARGA DESA TOLANG
SURAT KESEPAKATAN BERSAMA
Bissmilahirrahmanirrahim

Bahwa sesungguh kami masyarakat Desa Tolang Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal sadar bahwa aktivitas pertambangan yang akan dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining hanya akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan kehancuran ekosistem didalamnya serta akan mengakibatkan bencana seperti pencemaran, longsor dan lain sebagainya, oleh karena itu kami atas masyarakat Desa Tolang menyatakan menolak kehadiran PT. Sorikmas Mining melakukan aktivitas penambangan diwilayah kami.
Maka dengan ini kami mendesak pemerintah Republik Indonesia untuk segera meninjau ulang dan membatalkan kontrak karya PT. Sorikmas Mining.
Demikian pernyataan ini kami perbuat dengan penuh kesadaran, dan tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.
Billahitaufiq wal hidayah
Kamis, 3 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT TOLANG
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

3. PERNYATAAN WARGA DESA MUARASALADI
SURAT PERNYATAAN
Bissmilahirrahmanirrahim

Kami masyarakat Desa Muarasaladi Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal Propinsi Sumatera Utara adalah masyarakat yang memiliki kearifan budaya yang melestarikan kawasan hutan beserta isinya bahwa pertambangan sestim terbuka seperti izin PT. Sorikmas Mining merupakan bentuk pengerusakan hutan secara legal yang mengakibatkan kerugian terhadap masyarakat disekitarnya.
Untuk itu kami masyarakat Muarasali menyatakan menolak aktivitas pertambangan secara besar-besaran yang akan dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining, serta meminta pihak yang berwenang segera mencabut kontrak karya PT. Sorikmas Mining di wilayah Kabupaten Mandailing Natal khususnya di Kecamatan Ulupungkut.
Surat pernyataan ini dibuat tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.
Fastabiqul khairat
Sabtu, 5 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT MUARASALADI
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

4. PERNYATAAN WARGA DESA SIMPANG DUHU LOMBANG
PERNYATAAN PENOLAKAN TERHADAP
KONTRAK KARYA PT. SORIKMAS MINING

Bissmilahirrahmanirrahim
Kami yang bertanda tangan dibawah ini adalah masyarakat Desa Simpang Duhu Lombang Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal Propinsi Sumatera Utara. Dengan ini kami menyatakan menolak aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining, karena kami adalah masyarakat yang memiliki kearifan yang tidak merusak lingkungan/hutan beserta ekosistem didalamnya, kami juga menyadari bahwa lingkungan merupakan warisan yang paling berharga buat generasi yang akan datang.

Kami juga meminta kepada pemerintah Republik Indonesia agar segera meninjau ulang dan membatalkan kontrak karya PT. Sorikmas Mining didaerah kami.
Demikian pernyataan penolakan terhadap kontrak karya PT. Sorikmas Mining ini kami perbuat tanpa paksaan dan dalam keadaan sadar.
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT SIMPANG DUHU LOMBANG
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

5. PERNYATAAN WARGA DESA SIMPANG DOLOK
SURAT PERNYATAAN PENOLAKAN AKTIVITAS
PT. SORIKMAS MINING

Bissmilahirrahmanirrahim
Dengan mengharap Ridho dan Rahmat Allah Swt kami yang bertanda tangan dibawah ini atas nama masyarakat desa Simpang Duhu Dolok Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal Propinsi Sumatera Utara.

Dengan ini kami menyatakan penolakan terhadap aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining diwilayah desa Simpang Duhu Dolok, karena kami melihat aktivitas pertambangan system terbuka seperti yang akan dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining akan mengakibatkan kerusakan lingkungan serta berbagai macam bencana.
Kami juga mendesak Pemerintah RI untuk segera membatalkan kontrak karya PT. Sorikmas Mining tersebut, untuk kepentingan generasi yang akan datang.
Demikian pernyataan penolakan terhadap kontrak karya PT. Sorikmas Mining ini kami perbuat atas keputusan musyawarah desa Simpang Duhu Dolok.
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT SIMPANG DUHU DOLOK
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

6. PERNYATAAN WARGA DESA SIMPANG PINING

NASKAH PENOLAKAN
KONTRAK KARYA PT. SORIKMAS MINING
DI DESA SIMPANG PINING KEC. ULUPUNGKUT 

Bissmilahirrahmanirrahim
Bahwa PT. Sorikmas Mining adalah pemegang kontrak karya dengan system penambangan terbuka, dan salah satu perusaahan yang tambang yang boleh melakukan aktivitas penambangan di hutan lindung.
Kami berpandangan pertambangan seperti ini hanya akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan hanya akan mendatangkan bencana, serta nilai ekonomis yang didapat dari pertambangan ini tidak sebanding dengan kerusakan lingkungan dan bencana yang akan datang oleh karena itu kami menyatakan menolak aktivitas pertambangan yang akan dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining di wilayah desa Simpang Pining Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal.

Kami juga meminta pemerintah Republik Indonesia untuk segera membatalkan kontrak karya PT. Sorikmas Mining tersebut.
Demikian naskah penolakan kontrak karya PT. Sorikmas Mining di desa Simpang Pining Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal kami perbuat berdasarkan hasil Musyawarah desa, serta tanpa intervensi dari pihak manapun.
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT SIMPANG PINING
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

7. PERNYATAAN WARGA DESA SIMPANG BANYAK JULU

KESEPAKATAN BERSAMA WARGA
DESA SIMPANG BANYAK JULU 

Bissmilahirrahmanirrahim
Kami yang bertanda tangan dibawah ini atas nama masyarakat Desa Simpang Banyak Julu Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal Propinsi Sumatera Utara. Dengan ini kami menyatakan menolak aktivitas pertambangan PT. Sorikmas Mining, karena kami adalah masyarakat yang peduli terhadap lingkungan/hutan beserta ekosistem yang ada dididalamnya, kami juga menyadari bahwa lingkungan merupakan warisan yang paling berharga buat generasi yang akan datang khususnya hutan beserta isinya. Kami juga meminta kepada pemerintah Republik Indonesia agar segera meninjau ulang dan membatalkan kontrak karya PT. Sorikmas Mining diwilayah Simpang Banyak Julu Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal.

Demikian pernyataan ini dibuat dalam keadaan sadar dan tidak ada paksaan dari pihak manapun..
Minggu, 7 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT SIMPANG BANYAK JULU
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

8. PERNYATAAN WARGA DESA SIMPANG BANYAK JAE
HASIL KESEPAKATAN MASYARAKAT DESA SIMPANG BANYAK JAE
TENTANG PENOLAKAN AKTIVITAS PT. SORIKMAS MINING

Bissmilahirrahmanirrahim
Dengan mengharap Rahmat Allah Swt atas dasar hasil musyawarah desa Simpang banyak Jae dengan ini kami menyatakan menolak aktivitas pertambangan yang akan dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining karena kami melihat pertambangan seperti ini hanya akan mengakibatkan bencana alam, dan kerusakan lingkungan dan keuntungan yang didapatkan tidak sebanding dengan kerusakan lingkungan dan bencana yang akan datang. Atas dasar hasil musyawarah desa tersebut juga kami mendesak Pemerintah Republik Indonesia untuk membatalkan kontrak karya tersebut.

Hasil kesepakatan ini kami perbuat dengan penuh kesadaran.
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT SIMPANG BANYAK JAE
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

9. PERNYATAAN WARGA DESA HUTAPADANG
NASKAH KESEPAKATAN WARGA DESA HUTAPADANG TENTANG PENOLAKAN
Terhadap
KONTRAK KARYA PT. SORIKMAS MINING

Bissmilahirrahmanirrahim
Bahwa kami warga desa Hutapadang telah membuat kesepakatan bersama untuk menolak dan melakukan aksi penolakan atas aktivitas pertambangan yang akan dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining diwilayah desa kami, karena kami memandang bahwa aktivitas penambangan system terbuka adalah bentuk pengerusakan terhadap lingkungan secara besar-besaran dan akan mendatangkan bencana alam dan bencana industry terhadap kami. Bahwa sebagai masyarakat yang mewarisi kearifan budaya yang melindungi hutan beserta isinya kami menilai bahwa nilai ekonomis yang dihasilkan dari pertambangan akan tidak sebanding dengan nilai kerusakan lingkungan dan bencana yang ditimbulkan oleh pertambangan tersebut. Oleh karena itu kami meminta pemerintah Republik Indonesia untuk membatalakan kontrak karya PT. Sorikmas Mining tersebut.

Demikian naskah kesepakatan warga desa Hutapadang tentang penolakan terhadap kontrak karya PT. Sorikmas Mining ini kami perbuat untuk dimaklumi.
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT
HUTAPADANG
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

10. PERNYATAAN WARGA DESA HABINCARAN

NASKAH PENOLAKAN
WARGA DESA HABINCARAN TENTANG PENOLAKAN
Terhadap
KONTRAK KARYA PT. SORIKMAS MINING

Bissmilahirrahmanirrahim
Bahwa PT. Sorikmas Mining adalah pemengang izin kontrak karya seluas 21.010 Ha di Kecamatan Ulupungkut dari luas wilayah 29.519,09 Ha, dan salah satu perusahaan tambang yang boleh melakukan aktivitas penambangan di kawasan Hutan Lindung serta izin penembangannya adalah tambang terbuka. kami juga menilai bahwa Nilai ekonomis yang akan dihasilkan dari pertambangan ini tidak akan sebanding dengan kerusakan lingkungan dan bencana yang akan datang. Penambangan seperti ini adalah bentuk pengerusakan lingkungan secara legal oleh karena itu sebagai masyarakat yang memiliki kearifan budaya yang melindungi lingkungan kami atas nama warga masyarakat Desa Habincaran Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal menyatakan menolak aktivitas penambangan yang akan dilakukan oleh PT. Sorikmas Mining diwilayah kami. Kami juga mendesak pemerintah Republik Indonesia untuk segera membatalkan kontrak karya PT. Sorikmas Mining.

Demikian naskah penolakan warga desa Habincaran kecamatan Ulupungkut terhadap kontrak karya PT. Sorikmas Mining ini kami perbuat tanpa paksaan dari pihak manapun..
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT
HABINCARAN
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

11. PERNYATAAN WARGA DESA ALAHANGKAE
KESEPAKATAN PENOLAKAN ATAS KONTRAK KARYA PT. SORIKMAS MINING

Bissmilahirrahmanirrahim
Dengan mengharap Ridho dan Rahmat Allah Swt kami yang bertanda tangan dibawah ini atas nama masyarakat desa Alahangkae Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal Propinsi Sumatera Utara, sepakat untuk menandatangani surat penolakan atas kontrak karya PT. Sorikmas Mining, dengan pertimbangan sebagai berikut :
– PT. Sorikmas Mining adalah pemengang kontrak karya seluas 21.010 Ha di Kecamatan Ulupungkut dari total luas Kecamatan Ulupungkut 29.519,09 Ha.
– PT. Sorikmas Mining adalah 1 dari 13 perusahan tambang yang boleh melakukan penambangan dikawasan hutan lindung.
– Izin penambangan PT. Sorikmas Mining adalah tambang terbuka.
– Kami adalah masyarakat yang memiliki kearifan budaya yang tidak merusak lingkungan.
– Kami adalah masyarakat yang banyak memanfaatkan hasil hutan untuk menunjang kehidupan keluarga.
– Kami mayoritas adalah petani yang memanfaatkan lahan sebagai satu-satunya sumber penghidupan.
– Kami sadar Kecamatan Ulupungkut terutama daerah Gunung Kulabu adalah daerah tangkapan air dan hulu sungai Batang pungkut dan batang gadis yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Mandailing Natal.

Atas dasar pertimbangan tersebut diatas kami menilai kehadiran Kontrak karya Pt. Sorikmas Mining telah merampas hak hidup kami oleh karena itu kami juga mendesak pemerintah Republik Indonesia membatalkan Kontrak Karya tersebut.

Demikian pernyataan penolakan warga desa Alahangkae atas kesepakatan masyarakat desa Alahangkae.
Billahitafiq wal hidayah
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT ALAHANGKAE 

12. PERNYATAAN WARGA DESA PATAHAJANG
SURAT PERNYATAAN PENOLAKAN TERHADAP KONTRAK KARYA PT. SORIKMAS MINING

Bissmilahirrahmanirrahim
Untuk mempertegas kembali keputusan musyawarah masyarakat Patahajang tentang/pengusahaan pertambangan di Patahajang pada tanggal, 30 Juli 2005, yang ditanda tangani oleh masyarakat adat atas nama Mora, Kahanggi, Anak Boru dan Harajaon Desa Patahajang.

Maka dengan ini kami kembali menyatakan menolak kontrak karya PT. Sorikmas Mining diwilayah desa kami, karena kami menilai bahwa nilai ekonomis yang dihasilkan tidak akan sebanding dengan kerusakan lingkungan dan bencana yang akan datang. Maka sebagai masyarakat yang memiliki kearifan budaya yang melindungi lingkungan kami mendesak pemerintah Republik Indonesia untuk segera mencabut izin kontrak karya tersebut.
Demikian pernyataan penolakan ini kami perbuat untuk dimaklumi.
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT PATAHAJANG
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

13. PERNYATAAN WARGA HUTAGODANG

PERNYATAAN PENOLAKAN ATAS KONTRAK KARYA PT. SORIKMAS MINING

Bissmilahirrahmanirrahim
Dengan mengharap Ridho dan Rahmat Allah Swt kami yang bertanda tangan dibawah ini atas nama masyarakat desa Hutagodang Kecamatan Ulupungkut Kabupaten Mandailing Natal Propinsi Sumatera Utara.
Atas dasar pertimbangan :
1. Bahwa PT. Sorikmas Mining adalah pemengang kontrak karya seluas 21.010 Ha di Kecamatan Ulupungkut dari total luas Kecamatan Ulupungkut 29.519,09 Ha.
2. Bahwa PT. Sorikmas Mining adalah 1 dari 13 perusahan tambang yang boleh melakukan penambangan dikawasan hutan lindung.
3. Bahwa izin penambangan PT. Sorikmas Mining adalah tambang terbuka.
4. Bahwa kami adalah masyarakat yang memiliki kearifan budaya yang tidak merusak lingkungan.
5. Bahwa kami adalah masyarakat yang banyak memanfaatkan hasil hutan untuk menunjang kehidupan keluarga.
6. Bahwa kami mayoritas adalah petani yang memanfaatkan lahan sebagai satu-satunya sumber penghidupan.
7. Bahwa kami sadar Kecamatan Ulupungkut terutama daerah Gunung Kulabu adalah daerah tangkapan air dan hulu sungai Batang pungkut dan batang gadis yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Mandailing Natal.

Atas dasar pertimbangan tersebut kami menyatakan menolak kehadiran PT. Sorikmas Mining serta mendesak pemerintah Republik Indonesia membatalkan Kontrak Karya tersebut.
Demikian pernyataan penolakan terhadap kontrak karya PT. Sorikmas Mining ini kami perbuat guna kelangsungan hidup masyarakat Mandailing Natal.

Fastabiqul khairat
Minggu, 6 Maret 2011
ATAS NAMA MASYARAKAT HUTAGODANG
KAMI YANG MEMBUAT PERNYATAAN 

Pernyataan-pernyataan penolakan tersebut diatas ditandatangani oleh seluruh warga pada setiap desa, selain pernyataan penolakan tersebut diatas tokoh-tokoh masyrakat kecamatan Ulupungkut pada hari Rabu, 9 Maret 2011 juga telah melakukan pertemuan di Aula kantor camat Ulupungkut yang melahirkan pernyataan kolektif tingkat kecamatan.

sumber: http://www.facebook.com/profile.php?id=1263630838#!/topic.php?uid=155072241176524&topic=383

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Penolakan 13 Desa di Ulupungkut terhadap PT Sorikmas Mining

  1. Dian Taufik Ramadhan berkata:

    mhn izin tulisannya saya kutip sebagian utk keperluan proposal tesis saya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s