KAMI HANYA RAKYAT BIASA YANG MENCOBA UNTUK BERTAHAN

by: Batangpungkut Green Conservation
Tulisan ini ditulis sebagai tanggapan atas banyak komentar di facebook, email ataupun pertanyaan yang sering ditujukan kepada kami. yang antara lain anda tahu apa tentang tambang, selamatkan aja lingkungkunganmu dan lain-lain.
Perlu kami jelaskan bahwa Batang Pungkut Green Conservation (BPGC), bukanlah NGO yang didirikan digedung ber-AC dengan harapan mendapat bantuan dana pengelolaan lingkungan dari badan dunia atau lembaga donor lainnya, BPGC juga tidak pernah punya niatan untuk masuk dalam NGO yang mendapat bantuan APBD apalagi ABPN. BPGC juga tidak pernah menaburkan proposal bantuan dana kemana-mana. BPGC tidak pernah berniat untuk menyoroti proyek-proyek bermasalah atau korupsi yang dilakukan oleh para penyelenggara pemerintahan. Namun BPGC didirikan sebagai reaksi masyarakat adat/ lokal/suku asli yang bersentuhan bahkan masuk dalam wilayah kontrak karya PT. Sorikmas Mining. BPGC didirikan pada tanggal 13 Juni 2010 didesa Hutagodang setelah melihat bahwa kesepakatan tokoh adat, agama, kepala desa, badan perwakilan desa kecamatan Ulupungkut tahun 2004 tidak cukup sebagai penolakan atas kontrak karya tersebut, karena setelah terusir dari desa patahajang pada tahun 2004 PT. SM terus berusaha untuk masuk Kecamatan Ulupungkut, maka kami memandang diperlukan wadah perjuangan, itulah yang menjadi motivasi lahirnya BPGC.
Dalam melaksanakan aktivitas, BPGC tidak pernah mengharap bantuan dari siapapun, dana operasional yang kami gunakan berasal dari hasil patungan anggota yang disisihkan dari belanja dapur.
Mungkin orang yang membaca tulisan dan komentar kami akan selalu menilai bahwa alasan-alasan penolakan yang kami kemukakan tidak ilmiah, tulisannya tidak sistematis (seperti komentar di Facebook dan e-mail masuk kepada kami), itu karena kami bukanlah orang yang beruntung untuk belajar sampai tingkatan yang tinggi.
LGO/LSM tau apa tentang tambang?. Ini adalah pesan masuk yang sering kami terima. Kami akui kami tidak tahu apa-apa tentang pertambangan, pertanahan dll, yang kami tahui adalah menanam padi, kayu manis, karet, sayuran itupun bukan sebagaimana hasil penelitian para ilmuan yang tertuang dalam buku, karena kami juga masih banyak kebutuhan lain selain beli buku, karena itu jugalah kami menolak PT. SM. Karena kami tidak akan kuat jadi kuli beban PT. SM ketika lahan pertanian/perkebunan kami hilang, hutan tempat kami mencari rotan, damar hilang, sungai yang mengairi lahan pertanian dan tempat kami menangkap ikan kering atau tercemar, kami tahu emas itu harga mahal, kami tahu kandungan emas di daerah ini tinggi, kami juga juga tahu Kontrak karya itu perjanjian yang sangat kuat, kami juga tahu intimidasi dan kekerasan, bahkan pembunuhan sering kali menyertai hal seperti ini.
Kami ini hanyalah bagian dari masyarakat yang resah atas kontrak karya PT. SM dan mencoba menganalisa dengan kemampuan/keilmuan yang terbatas serta terus belajar, hasil analisa kami menyatakan bahwa kami akan lebih nyaman, aman, bahagia bila tanpa tambang. Kami sadar bahwa jika PT. SM akan membawa kebahagian, kesejahteraan dan kemakmuran kami ada didalamnya, kami juga sadar bahwa jika PT. SM akan membawa bencana, konflik kami juga ada didalamnya. Kesimpulannya adalah bahwa penolakan kami terhadap kontrak karya PT. SM sudah berdasarkan pertimbangan yang matang oleh karena itu kami sudah siap dengan segala konsekwensinya.
Kesepakatan-kesepekatan penolakan yang semakin mengakar bukanlah akibat provokasi atau kampanye lembaga atau seseorang tapi kesepakatan tersebut diawali dari diskusi-diskusi diwarung kopi yang kemudian dilembagakan dalam lembaran-lembaran kesepakatan.
Hari ini kami juga sadar bahwa kami adalah rakyat biasa yang tidak punya kekuatan apa-apa ketika alat-alat kekuasaan bicara, namun kami tetap optimis dan bertahan diantara putusan hukum dan kebijakan yang tidak berpihak kepada kami.

Semoga setiap putusan yang kita ambil dengan keilmuan dan pertimbangan nurani selalu mendat ridho dan rahmat Ilahi. amiin

sumber: http://www.facebook.com/group.php?gid=155072241176524&v=app_2373072738&ref=ts#!/topic.php?uid=155072241176524&topic=331

Iklan
Pos ini dipublikasikan di opini dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s