Warga Blokir Jalan Menuju Tambang Emas

Sabtu, 13 November 2010 16:05 WIB

Metrotvnews.com, Panyabungan: Ratusan warga Tangga Bosi, Kecamatan Siabu, Mandailing Natal, memblokir satu-satunya jalan menuju tambang emas PT Sorik Mas Mining, Sabtu (13/11) siang. Warga kesal karena pihak perusahaan tidak memenuhi tuntutan warga memberi ganti rugi lahan dan kompensasi atas dampak pertambangan. Akibat pemblokiran tersebut sejumlah logistik makanan karyawan tidak bisa diantar dan para karyawan terancam kelaparan.
Pemblokiran dilakukan ratusan warga Tangga Bosi, dari bapak bapak, ibu-ibu dan orang tua. Mereka memblokir jalan dengan cara duduk dan tidur-tiduran di badan jalan. Jalan yang diblokir warga merupakan satu-satunya akses menuju sejumlah barak milik perusahaan PT Sorik Mas Mining, perusahaan yang bergerak di bidang tambang emas yang terletak di ujung desa.

Rencananya, tahun 2011 mendatang perusahaan tersebut akan mengeksploitasi tambang emas seluas belasan ribu hektare dalam kawasan tanah ulayat desa yang di dalamnya terdapat kebun warga. Warga juga menuntut kompensasi atas dampak yang akan ditimbulkan pertambangan tersebut karena lokasi desa Tangga Bosi hanya berjarak beberapa kilo meter dari lokasi tambang.

Kompensasi yang dituntut warga adalah dana kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi. Sejumlah logistik harian yang akan diangkut ke lokasi pertambangan terpaksa pulang kembali karena tidak diizinkan warga melintas, termasuk bahan makanan karyawan dan peralatan perusahaan.(Ant/DOR)

sumber: http://www.metrotvnews.com/mobile-site/text-detail.php?read=34013&tgl=2010-11-13

Pos ini dipublikasikan di Berita dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s