PT. Sorik Mas Mining Tawarkan Ganti Rugi Cuma 2 Miiliar

Mandailing Natal, Metro Star

Perusahan Tambang ; PT Sorikmass Mining (SM) yang bergerak di bidang tambang emas dan beroperasi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menawarkan penghargaan sebesar Rp2 miliar untuk warga tiga desa di Kecamatan Siabu, yaitu Desa Tanggabosi 1, 2 dan 3 yang berjumlah sekitar 1.300 kepala keluarga (KK). Penghargaan atau pago-pago itu dimaksudkan agar seluruh persoalan bisa segera terselesaikan.

“Kita ingin segala persoalan antara PT SM dengan masyarakat Madina terutama warga Desa Tanggabosi 1, 2 dan 3 bisa selesai secepatnya. PT SM bukan tidak mau mengabulkan permintaan dan tuntutan warga, namun kita juga memiliki mekanisme dan prosedur juga kemampuan, dan itulah kemampuan PT SM sebagai penghargaan kepada warga yang disebut dengan pago-pago,” kat Humas PT SM, Erik saat ditemui di Kantor PT SM, di Desa Pidoli, Kecamatan Panyabungan, Madina, belum lama ini

Erik menjelaskan, pimpinan PT SM sudah melakukan pertemuan dengan masyarakat Tanggabosi, Jumat (15/1) lalu. Langkah tersebut dilakukan atas dasar permintaan masyarakat yang ingin bertemu secara langsung dengan pimpinan PT SM.
Di mana, yang datang langsung bertemu dengan warga adalah CEO PT SM, Mr Paul Wilis yang merupakan warga negara asing, didamping Corporated Fair Manager, Kris Kusuma Adi yang difasilitasi Pemkab Madina.

Dalam pertemuan itu, terang Erik, antara PT SM dengan warga Desa Tanggabosi belum ada kesepakatan, di mana saat ini PT SM sedang menunggu keputusan dari masyarakat.
kata Erik,Humas PTSMM menjelaskan ”Kita juga tidak ingin muncul problem baru setelah nantinya kita berikan dana tersebut. Jadi kita minta kepada warga agar memberikan kejelasan kepada siapa akan diberikan, karena ini merupakan uang masyarakat atas tanah ulayat yang terkena lokasi tambang, bukan milik individu atau kelompok,” ujar Erik .

Diungkapkan Erik, PT SM memberikan apresiasi kepada Pemab Madina yang telah berupaya memfasilitasi pertemuan antara PT SM dengan masyarakat sehingga terciptanya negosiasi tersebut. “Hanya saja sampai saat ini, kita masih menunggu apakah warga setuju dengan tawaran kita itu,” tuturnya. Sedangkan tuntuntan masyarakat adalah Rp2 Juta Per Hektare Lahan.

Selain penghargaan atau pago-pago, lanjut Erik, PT SM masih memberikan kontribusi lain semisal ganti rugi lahan apabila ada lahan warga yang terkena lokasi tambang.

”Kalau memang secara administrasi lahan itu milik masyarakat, PT SM siap ganti rugi, tapi dibuktikan dengan dokumen kepemilikan. Perusahaan sudah menyetujui jumlah ganti ruginya yakni Rp2 juta per hektare untuk lahan saja. Sedangkan untuk tanaman yang ada di atas lahan tersebut, harganya akan kita sesuaikan dengan standar harga yang ada, dan kita akan melibatkan Pemkab Madina soal harga ini,” ucapnya.
Namun, dijelaskannya Erik lagi, dalam pertemuan tersebut masih ada kendala, di mana masyarakat hingga saat ini belum menyepakati atas penawaran yang diberikan oleh PT SM. Namun, PT SM tetap menunggu keputusan yang diberikan masyarakat.

”Kendalanya adalah warga Desa Tanggabosi meminta hal tidak mungkin terkabulkan oleh perusahaan,” bebernya.
Permintaan masyarakat tersebut yakni, warga meminta pago-pago sebesar Rp15 juta per hektare. Di mana dalam pengakuan warga, lahan yang terkena lokasi tambang seluas 1.800 hektare. Kemudian tuntutan atau permintaan warga untuk ganti rugi sebesar Rp20 juta per hektare seluas 1.800 hektare, dan tuntutan selanjutnya yakni kompensasi sebesar Rp7,5 juta per rumah tangga sebanyak 1.300 KK.

”Kalau mengenai kompensasi itu, PT SM tak bisa mengabulkannya. Kita juga memberikan itu sesuai kemampuan perusahaan. Kami hanya berharap masyarakat jangan hanya melihat saat ini saja, karena keberadaan PT SM di Madina bisa juga sebagai penentu meningkatnya perekonomian rakyat secara continue. Kita juga memiliki program public responsibility seperti kompensasi membangun fasilitas umum, sarana pendidikan, dan lainnya,” pungkasnya. (ayn/zul)

sumber: http://www.metrostarindonesia.com/metrostar/index.php?option=com_content&view=article&id=66:pt-sorik-mas-mining-tawarkan-ganti-rugi-cuma-2-miiliar-&catid=25:ekonomi&Itemid=29

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

5 Balasan ke PT. Sorik Mas Mining Tawarkan Ganti Rugi Cuma 2 Miiliar

  1. ronggur berkata:

    uang sesaat namun derita & sengsara berkepanjangan akan terasa

  2. fitria berkata:

    uang bukan segalanya…!!!

  3. adi berkata:

    uang yang anda tuturkan tidak sebanding dengan hasil kerusakan ekologi sekitar lahan pertambangan yg anda dirikan……..
    masyakat tdk sebodoh yang dulu
    bisa dnilai dengan uang

  4. Gayuh NDP berkata:

    Yang terpenting, kalimat terakhir “Kita juga memiliki program public responsibility seperti kompensasi membangun fasilitas umum, sarana pendidikan, dan lainnya” itu bisa dipegang, kalau perlu diadakan perjanjian hitam di atas putih dgn sanksi pidana jika tidak terpenuhi (misalnya).

    Manfaat perusahaan tambang memang terkadang sebagai pioneer pertumbuhan ekonomi di suatu masyarakat pedalaman. Dan kita juga harus bijak utk tidak selalu bersikap anti tambang.

  5. anti tambang apapun itu berkata:

    untuk yang coment diatasku ini….hehe..anda belum tahu saja…global warming om….derofrestasi hutan kita tambah parah..nilai kompensasi dari pengusaha kepada masyarakat maupun pemerintah tidak sebanding dengan kerusakan yang terjadi…tunggu sampai pemerintah mempunyai payung hukum yang benar-benar pro terhadap masyarakat sekitar ijin lokasi tambang….baru silahkan anda menambang….selama itu belum terjadi…jangan ada lagi usaha pertambangan apalagi dari PMA…merusak dan dampaknya terhadap lingkungan sangat besar..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s