Pemkab Madina Stop Eksplorasi PT Sorikmas Mining

Nasional Rabu, 23 Mar 2011 08:05 WIB

MedanBisnis – Panyabungan. Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) meminta seluruh kegiatan/aktivitas pertambangan yang dilakukan PT Sorikmas Mining dihentikan sementara waktu.

Perusahaan tambang emas itu bisa kembali beroperasi dengan syarat bisa menunjukkan surat perpanjangan izin eksplorasi dan izin pinjam pakai kawasan hutan kepada Pemkab Madina.

“Memang benar Pemkab Madina telah mengeluarkan penghentian sementara seluruh kegiatan PT Sorikmas Mining di wilayah Madina pada 15 Maret lalu,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Madina, M Taufik Lubis SH kepada MedanBisnis, Selasa (22/3), di Panyabungan.
Taufik menjelaskan, Pemkab sampai kini belum menerima pemberitahuan dari perusahaan soal perpanjangan izin eksplorasi dan izin pinjam pakai kawasan hutan.

Ia menyebutkan, izin eksplorasi sebelumnya yang dikeluarkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral telah berakhir pada 6 Oktober 2010. Begitu juga soal izin perpanjangan pinjam pakai kawasan hutan dari Menteri Kehutanan.

“Sampai saat ini Pemkab Madina belum ada menerima izin perpanjangan eksplorasi PT Sorik Mas Mining, sehingga Pemkab Madina mengeluarkan surat penghentian kegiatan/aktivitas perusahaan tersebut,” tegas Taufik.

Selain persoalan administrasi tersebut, kata Taufik, penghentian sementara itu juga sebagai upaya mengakomodir aspirasi warga yang berada di sekitar lahan pertambangan, yang menolak kehadiran perusahaan tersebut.

Sebelumnya, ratusan warga Desa Huta Godang Muda dan Tangga Bosi, Kecamatan Siabu, Madina, menuntut PT Sorik Mas membayar ganti rugi lahan mereka yang dipakai perusahaan pertambangan emas tersebut.

“Warga sudah mulai marah dengan keberadaan PT SMM yang berjarak beberapa kilometer dari pemukiman warga. Sebab sosialisasi terkait kehadiran perusahaan tambang emas, serta aktivitasnya di desa kami selama puluhan tahun tidak pernah ada,” kata Kepala Desa Hutagodang Muda, Zulkarnain, Sabtu (19/3).

Dikatakannya, warga khawatir keberadaan perusahaan tambang emas itu akan menimbulkan dampak lingkungan. Apalagi, perusahaan itu beroperasi di sekitar lahan pertanian warga.

Pada hari yang sama, puluhan ibu warga Desa Tangga Bosi yang tergabung Forum Tanah Ulayat Tangga Bosi, mewakili 1.300 KK warga mendatangi mess PT SMM, di Jalan Abri,
Panyabungan. Mereka menuntut ganti rugi lahan yang dipakai SMM sebagai lokasi tambang.
Tuntutan warga agar perusahaan memberikan Rp 10 juta per KK yang disampaikan warga sampai kini juga belum direspon.

“Kita memiliki bukti bahwa lahan yang dipakai PT SMM sebagai lokasi penambangan milik warga. Seharusnya pihak perusahaan memberikan ganti rugi, namun sampai saat ini belum juga ada titik terang atas permohonan yang kita ajukan tersebut,” kata Budi Pulungan, saat mendampingi massa Forum Tanah Ulayat Tangga Bosi.

Humas PT SMM, Amiruddin Nasution kepada MedanBisnis menjelaskan, kedatangan massa Forum Tanah Ulayat Tangga Bosi ini hanya menanyakan respon perusahaan atas surat yang mereka sampaikan sebelumnya.

“Bukan menuntut ganti rugi, tapi menanyakan surat yang berisikan dokumen, apakah telah sampai kepada kami dan itu kami nyatakan telah sampai sehari sebelum kedatangan para ibu-ibu yang diserahkan oleh Kepala Desa Tangga Bosi I, M Arifin dan Kepala Desa Tangga Bosi II, Andi Maulana Siregar,” sebutnya.

Dikatakannya juga, terkait permohonan warga Huta Godang Muda untuk meminta pertemuan dengan pihak perusahaan akan dipenuhi, namun waktunya belum bisa dipastikan.

“Perusahaan kita berjalan sesuai dengan undang-undang. Kalau persoalan ganti rugi kita tidak tahu menahu,” katanya. (zamharir rangkuti)

sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2011/03/23/25305/pemkab_madina_stop_eksplorasi_pt_sorikmas

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Pemkab Madina Stop Eksplorasi PT Sorikmas Mining

  1. RISKYSABILI berkata:

    Salam dari tantis, kesanaran itu ada batasnya buat PT. Sorik Masmining dan buat tuan Pemerintan kami bukan tumbal.

  2. Iswadi batubara ketua JAMSU (Jaringan Aktivis Mahasiswa Sumut) ttp mnolak keberadaan PT.SMM krn tlh membuat bom waktu berkata:

    Saya sangat sependapat dgn udak saya bosman batubara bhw PT. smm akan meldakkan bom waktu di bumi madina
    -tolak PT. SMM

  3. sorik mas mining harus didukung terus ,asal PT sorrik masmining untuk kepentingan dan kemakmuran masarakat kabupaten madina dan penambangan yg dilakukan sesuai dengan perisinan kalau dilarang kapan kita maju dan bisa bersaing dengan daerah lain ,Pt sorik mas mining harus didukung unruk kesejah teraan seluruh masarakat madina bom 2waktu sesejahteraan akan meledak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s