Ratusan Warga Datangi Camp PT SMM, Seorang Ditembak

Articles | Sumut
Written by Wantana on Monday, 30 May 2011 02:27

PANYABUNGAN (Waspada): Ratusan warga Desa Hutagodang Muda, Kec Siabu, Kab. Mandailing Natal (Madina) terdiri dari anak-anak, remaja dan orang tua, Minggu (29/5), mendatangi Camp Sihayo II PT Sorikmas Mining (SMM), 7 km dari desa mereka.
Warga bergerak ke PT.SMM sejak pukul 06:00 dan sampai ke lokasi sekira pukul 11:00. Warga meminta kejelasan permohonan mereka terhadap PT.SMM yang sudah hampir 6 bulan lalu disampaikan.Namun sampai sekarang tidak ada jawaban dari perusahaan tambang itu.
Informasi dihimpun di lapangan, sekitar 500 lebih KK warga Desa Hutagodang Muda menyampaikan beberapa poin tuntutan terhadap perusahaan. Antara lain, PT SMM diminta menyediakan lahan siap panen seluas 2 ha per KK berikut sertifikat hak milik (SHM) nya. Beasiswa dengan perincian SLTP Rp500 ribu per bulan, SLTA Rp1 juta per bulan, perguruan tinggi Rp 2,5 juta per bulan, pasca sarjana Rp5 juta per bulan.

 

Selain itu, pembangunan jalan pertanian, jalan desa, pembuatan jembatan gantung menuju wilayah perkebunan rakyat, Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp500 juta, biaya perobatan sesuai tagihan rumah sakit dan biaya pembinaan desa Rp 500 juta per triwulan.
Warga Desa Hutagodang Muda telah mengadakan pertemuan dengan PT SMM, beberapa bulan lalu. Namun, pertemuan tidak menghasilkan kesepakatan sehingga hubungan masyarakat dengan perusahaan meruncing.
Puncak dari kekecewaan warga terhadap PT.SMM berujung dengan kesepakatan warga mendatangi camp perusahaan. Saat tiba di depan camp PT.SMM, masyarakat Desa Hutagodang Muda dihadang polisi dari Satuan Brimob.
Meski polisi telah mengeluarkan tembakan peringatan beberapa kali, namun warga tidak surut dan semakin berani sehingga suasana ricuh.

 

Kerusuhan memuncak setelah salah seorang warga bernama Solatiah,19, menjadi korban tembakan, yang mengenai antara dada dengan lengan kiri.
Melihat ada warga tertembak, spontanitas ratusan warga yang telah emosi, meski dibawah guyuran hujan maju menyerbu, sehingga polisi lari menyelamatkan diri.

 

Bahkan, salah seorang personil Polsek Siabu dikabarkan menjadi korban pemukulan.
Tindakan warga kemudian berlanjut dengan pembakaran seluruh camp PT SMM, kecuali sebuah masjid yang tetap berdiri.

 

Kerugian PT SMM diperkirakan mencapai ratusan juta. Seusai meluapkan amarahnya, ratusan warga kemudian meninggalkan lokasi.
Solatiah, korban penembakan, menurut Anita Dahrena dan Syahbuddin petugas medis yang ikut rombongan warga, saat ini di rawat di RSUD Panyabungan untuk visum et revertum sekaligus perawatan medis.
Pj Bupati Madina Aspan Batubara saaat di konfirmasi, meminta warga tetap menjaga kondusivitas.
Pemkab Madina diwakili Asisten I Sahnan Pasaribu dan Ka. Satpol PP datang ke Desa Hutagodang Muda untuk berdialog dengan masyarakat agar persoalan bisa diselesaikan dengan baik.(c14)

sumber: http://waspadamedan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=11896:ratusan-warga-datangi-camp-pt-smm-seorang-ditembak&catid=52:sumut&Itemid=207

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s