Warga Madina Korban Penembakan di Sorikmas Mining Masih Dirawat di RSU

MADINA(EKSPOSnews): Solatiah (20) warga Desa Hutagodangmuda, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, yang tertembak saat melakukan unjuk rasa di kantor pertambangan emas PT SMM masih dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan.

Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Heru Prakoso ketika dihubungi di Medan, Senin 30 Mei 2011, mengatakan luka dialami korban tersebut belum terindikasi apakah karena luka tembak atau luka penyebab lainnya.

Sebelumnya, 300 massa membawa kayu, parang dan minyak bensin mencoba memaksa masuk ke camp dan kantor pertambangan emas milik PT Sorik Mas Mining (SMM) di Kecamatan Siabu, Kabupaten Madina, Minggu,29 Mei 2011 sekitar pukul 11.45 WIB.

Namun, petugas dan satuan pengaman PT.SMM melarang masyarakat masuk le lokasi tersebut, karena membawa barang-barang yang dicurigai, tetapi mereka terus memaksa dan melakukan pengrusakan, serta pembakaran di kantor PT.SMM.

Karena massa sudah bertindak anarkis maka petugas memberikan tembakan peringatan ke udara, tetapi tidak ditanggapi pengunjuk rasa yang berasal dari tiga desa di Kecamatan Siabu itu.

Berbagai kerusakan dilakukan massa tersebut dengan cara membakar kantor dan empat unit camp milik PT SMM di Kecamatan Siabu atau sekitar 498 Km arah Timur Kota Medan.

Heru mengatakan aparat berwajib saat ini masih terus bekerja di lapangan untuk menyelidiki peristiwa kerusuhan tersebut dan mengumpulkan barang bukti.

Petugas keamanan, menurut dia, masih disiagakan di lokasi kejadian tersebut untuk menjaga hal-hal yang tidak diingini.

“Pihak berwajib bekerja ekstra keras untuk mengusut kasus main hakim sendiri,” kata mantan Wadirlantas Polda Sumut itu.

Ketika ditanya mengenai penyebab pengrusakan dan pembakaran di kantor PT SMM itu, Heru mengatakan sampai saat ini belum mengetahuinya, kasus tersebut masih diselidiki.

“Pihaknya akan memeriksa sejumlah saksi-saksi yang diduga mengetahui peristiwa tersebut. Kasus pembakaran dan pengrusakan diusut hingga tuntas,” kata Heru.(an)

sumber: http://eksposnews.com/view/6/23620/Warga-Madina-Korban-Penembakan-di-Sorikmas-Mining-Masih-Dirawat-di-RSU.html

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s