Aspan Minta Pansus Rekomendasikan Stop Sementara Sorikmas

MedanBisnis – Panyabungan. Penjabat Bupati Mandailing Natal (Madina) Aspan Sofian Batubara meminta panitia khusus (pansus) DPRD merekomendasikan penghentian sementara PT Sorikmas Mining. Pasalnya, kehadiran perusahaan tambang emas itu kurang bermanfaat kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar areal pertambangan.

Hal itu disampaikan Aspan dalam rapat Pansus, di gedung DPRD Madina, Panyabungan, Jumat (24/6).
Aspan mengatakan, dari sejumlah aspirasi dan tuntutan masyarakat terhadap Sorikmas, tak satu pun yang direalisasikan, termasuk persoalan ganti rugi lahan yang masuk areal pertambangan.
“Saya menganalisis, dari berbagai kejadian serta tuntutan dari masyarakat tertumpu pada ganti rugi lahan atau ganti untung,” ujarnya.

Menurut Aspan, meskipun lokasi Sorikmas berada pada hutan lindung, namun masyarakat sudah puluhan tahun menggantungkan hidupnya dari hutan, sehingga wajar kalau ada tuntutan ganti rugi.

“Dari beberapa kali mediasi yang dilakukan Pemkab, tak satu pun yang ditindaklanjuti Sorikmas.
Padahal, masyarakat sudah sepakat soal nilai ganti rugi yang ditawarkan tim penilai harga lahan dan tanaman bentuk Pemkab. Ada informasi beredar di tengah – tengah masyarakat Batang Toru, Tapsel, harga per hektar Rp 300 juta, itu tiga tahun lalu. Namun, Sorikmas tidak juga merealiasikannya,” terang Aspan.

Pasca bentrokan warga Hutagodang Muda, Kecamatan Siabu yang menolak kehadiran Sorikmas dengan aparat Brimob, 29 Mei 2011, yang berunjung terbakarnya base camp perusahaan itu di perbukitan Tor Sihayo, dilakukan pertemuan Muspida dengan Sorikmas, yang diwakili Kris.

“Pada beberapa pertemuan Muspida dengan Sirikmas, Kris tidak bisa memberikan jawaban, padahal sebelumnya di hadapan Muspida berjanji akan menuntaskan dalam jangka satu bulan, itupun tidak selesai,” imbuhnya.

Yang mengejutkan, kata Aspan, dalam pertemuan di DPRD Sumut beberapa waktu lalu, terungkap bahwa manajemen Sorikmas sudah berganti.

“Melihat semua kejadian, saya mengambil kesimpulan, setiap ada masalah dan sudah mau selesai, Sorikmas Mining sudah berganti menejemen. Untuk itu, saya minta dukungan dari Pansus untuk merekomendasikan ke pemerintah pusat untuk menghentikan sementara aktivitas Sorikmas Mining untuk seluruh wilayah operasi di Mandailing Natal, sebelum ada niat baik untuk penyelesaian kasus ini semua,” harapnya.

Menjawab pertanyaan Pansus soal kondisi pisikologis masyarakat Desa Hutagodang Muda yang takut beraktivitas pasca tragedi 29 Mei itu, Aspan mengakuinya.

“Kita akan berupaya untuk memberikan dukungan agar pisikologis dan kegiatan masyarakat kembali normal. Saya minta dukungan anggota dewan terhormat juga ikut sama – sama mencari solusi terbaik,” kata Aspan yang akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Pj bupati pada 28 Juni, seiring pelantikan Hidayat-Dahlan sebagai bupati/wakil bupati defenitif. (zamharir rangkuti)

sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2011/06/25/41708/aspan_minta_pansus_rekomendasikan_stop_sementara_sorikmas/#.TgWgUGGoAfW

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s