Tinjau Ulang Kontrak Karya PT Sorikmas Mining di Madina!

Sunday, 19 June 2011 20:28

E-mail Print PDF

Panyabungan, (beritasumut.com)

DPP Ikatan Mahasiswa Mandailing Natal (Ima Madina) melayangkan surat ke Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden diminta meninjau ulang kontrak karya PT Sorikmas Mining (PT SMM) di Tor Sihayo, Kecamatan Siabu, Kabupaten Madina.

Sehubungan dengan program Presiden yang akan meninjau kembali seluruh kontrak karya pertambangan, masyarakat Madina sangat berterima kasih dan mengapresiasinya serta berharap program pro rakyat tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya di Madina.

Hal itu disampaikan Ketua Umum DPP Ima Madina Ahmad Irwandi Nasution, Ahad (19/06/2011) melalui telepon. Dikatakannya, momentum peninjauan kembali kontrak tarya tersebut sangat tepat dilaksanakan di Madina pasca terjadinya bentrok antara masyarakat dengan aparat penegak hukum yang menyebabkan luka tembak di pihak masyarakat dan terbakarnya Camp PT Sorikmas Mining, saat masyarakat melakukan demonstrasi menuntut hak-haknya supaya dipenuhi PT Sorikmas Mining.

PT Sorikmas Mining adalah PMA yang sedang melakukan eksplorasi tambang emas di Madina dengan kepemilikan saham 75% investasi Australia dan 25 % PT Aneka Tambang dengan kontrak karya tanggal 19 Februari 1998 yang diperpanjang baru-baru ini oleh Kementerian ESDM melalui surat No: 554.k/30/DJB/2011 Tanggal 25 Maret 2011. Tambang itu ditolak habis-habisan oleh masyarakat Madina kerana masyarakat menilai tambang tidak bermanfaat bagi masyarakat, papar Irwandi.

Lanjut Irwandi, adapun isi surat yang dilayangkan ke Presiden RI ada empat poin. Pertama, diminta kepada Presiden agar meninjau ulang kontrak karya PT Sorikmas Mining dengan mengalokasikan saham kepada Pemerintah Daerah sebagai perwakilan masyarakat Madina dengan proporsi, PT Sorikmas Mining 49%, Pemkab Madina 26%, PT Aneka Tambang 25%.  Dengan demikian proporsi saham pemerintah menjadi 51% dan modal asing 49%.

Kedua, diminta Presiden RI untuk menginstruksikan kepada Kapolri dan jajaran di bawahnya untuk membebaskan para tersangka pelaku bentrokan dengan mengutamakan penyelesaian non justisia, karena dapat meningkatkan ketidakstabilan daerah dan dendam berkelanjutan antara masyarakat dengan PT Sorikmas Mining. Ketiga, meminta kepada Presiden untuk menginstruksikan Menteri ESDM untuk melibatkan Pemerintah Daerah dalam proses perizinan lanjutan PT Sorikmas Mining sebagaimana digariskan dalam UU No 04 Tahun 2009 Tentang Minerba.

Keempat, meminta Presiden RI untuk menginstruksikan Menteri Kehutanan dan Menteri Lingkungan Hidup untuk melakukan kajian yang komprehensif terhadap dampak negatif pertambangan terbuka di areal kontrak karya PT Sorikmas Mining, karena areal tersebut merupakan kawasan hutan lindung sebagai sumber mata air dan habitat   hewan/tumbuhan langka di wilayah Madina dan sekitarnya.

DPP Ima Madina berharap Presiden merealisasikan permohonan yang diajukan supaya nanti masyarakat yang berada di Madina bisa sejahteran dan tenang. Tidak ada lagi keributan terkait PT Sorikmas Mining. (BS-026)

sumber: http://www.beritasumut.com/index.php?option=com_content&view=article&id=4147%3Atinjau-ulang-kontrak-karya-pt-sorikmas-mining-di-madina&catid=37%3Apolitik-a-pemerintahan&Itemid=77

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tinjau Ulang Kontrak Karya PT Sorikmas Mining di Madina!

  1. mayansir berkata:

    nama saya mayansirnainggolan.saya sependapat dgn bapak km pun dr naga juang tetap menolak tambang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s