Dua Tersangka Serahkan Diri

Dua Tersangka Serahkan Diri PDF Print
Saturday, 04 June 2011
MEDAN– Dua warga Desa Hutagodang Muda, Kecamatan Siabu, Mandailing Natal (Madina) yang menjadi tersangka kasus pembakaran Camp PT Sorikmas Mining, menyerahkan diri ke polisi setelah dua malam menginap di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan.

Semula kedua warga ini, yakni Syafruddin dan Hamdan Lubis akan ditangkap aparat Polda Sumatera Utara (Sumut) yang sudah dua hari “mengepung” Kantor LBH Medan.Namun, para advokat LBH meminta jangan ada penangkapan karena mereka yang akan menyerahkan sekaligus mendampingi keduanya dalam proses penyidikan.

Direktur LBH Medan Nuriyono mengatakan,penangkapan terkesan dipaksakan oleh pihak kepolisian,termasuk penetapan status tersangka oleh Polres Madina. Menurut dia, keduanya tidak ada kaitan dengan kasus ini karena saat kejadian tidak ikut dalam aksi unjuk rasa maupun memimpin rapat sebelum unjuk rasa damai dilakukan.“Menurut kami ada keganjilan dalam kasus ini,”bebernya kemarin.

Kepala Bidang Humas Humas Polda Sumut Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Raden Heru Prakoso mengatakan, penetapan keduanya sebagai tersangka berdasarkan rekaman peristiwa yang diperoleh dari PT Sorikmas Mining. Keduanya diyakini terlibat dalam peristiwa perusakan dan pembakaran saat terjadi kerusuhan di perusahaan tambang emas tersebut.

Penyerahan tersangka dilakukan pihak LBH Medan setelah adanya titik temu dengan Polda Sumut.“Berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara Polda Sumut dan LBH Medan, tersangka HL dan S diserahkan ke kita,”ujarnya. HL dan S akan diserahkan ke Polres Madina untuk diproses bersama enam tersangka lainnya.Mereka adalah Mulkanuddin Lubis, Andi Pelangi, Fatmawati, Mardiah Batubara, Asni, dan Darma Lubis. m andi yusri/haris dasril

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s