Kapolres Tak Hadiri Undangan Pansus DPRD Madina

Sumatera Utara Jumat, 24 Jun 2011 07:02 WIB
Tragedi Sorikmas Mining
MedanBisnis – Panyabungan. Pertemuan Pansus DPRD Madina terkait tragedi 29 Mei, yakni pembakaran base camp PT Sorikmas Mining (SMM) dalam unjuk rasa warga warga Hutagodang Muda, Kecamatan Siabu menolak kehadiran perusahaan tambang emas itu, dengan Kapolres batal digelar, Kamis (23/6). Pasalnya, Kapolres AKBP Ahamd Fauzi Dalimunthe tidak hadir.

Pembatalan dilakukan Pansus, karena yang hadir mewakili Polres adalah Wakapolres Kompol Hadiyatmoko. Sementara, Pansus minta Kapolres yang hadir untuk diminta klarifikasi kasus bentrokan warga dengan anggota Brimob Kompi C Tapanuli Selatan yang berunjung tertembaknya satu warga dan terbakarnya base camp PT SMM .

Wakapolres Kompol Hadiyatmoko melalui Ketua Pansus Riyadi Husnan, menjelaskan, ada kesalahan persepsi dan koordinasi seputar undangan yang di layangkan ke pihak Polres.

“Ada kesalahan persepsi soal undangan tersebut. Mereka (Polres-red) berpikir hanya menghadiri rapat dengar pendapat dengan pihak PT Sorikmas Mining,” kata Riyadi Husnan Lc.

Riyadi berharap pada pertemuan yang akan dijadwalkan kemudian Kapolres hadir, tidak diwakilkan.

“Kita sudah menjadwalkan ulang pertemuan dengan pihak Polres Madina, Senin (27/6). Pansus telah sepakat bahwa harus dihadiri langsung Kapolres. Kalau diwakili, Pansus akan kembali membatalkan pertemuan itu,” tandas Riyadi.

Menurut Riyadi, kehadiran Kapolres untuk diminta klarifikasi, sekaligus kronologis kasus itu berdasarkan versi dari pihak kepolisian. Pasalnya, Pansus juga sudah mendengar kronologis versi masyarakat dalam pertemuan yang di gedung SD Negeri, Hutagodang Muda, Rabu (22/6).

“Pansus tidak hanya mengundang pihak Polres, tapi PT Sorikmas Mining dan tokoh masyarakat, serta lembaga adat Madina pada 1 Juli. Sedangkan dengan masyarakat Desa Hutagodang Muda Kecamatan Siabu telah kita lakukan, Rabu (22/6),” kata Riyadi.

Menurutnya,data – data yang telah ditemukan oleh Pansus dengan masyarakat Hutagodang Muda akan ditelusuri.

“Kemarin banyak fakta – fakta baru yang kita temukan selama ini belum ada yang tercuat,fakta – fakta ini akan kita telusuri terus,”ungkap Riyadi. (zamharir rangkuti)

sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2011/06/24/41481/kapolres_tak_hadiri_undangan_pansus_dprd_madina/#.Tpp64nKBZTc

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s