DPP Ima Madina Terus Tolak Keberadaan PT SM

Friday, 06 April 2012 16:56

E-mail Print PDF

Panyabungan, (beritasumut.com)

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Mandailing Natal (DPP Ima Madina) terus melakukan penolakan keberadaan PT Sorikmas Mining (PT SM) yang beroperasi Madina. Kali ini DPP IMA melayangkan surat ke Menteri Kehutanan Republik Indonesia agar izin pinjam pakai kawasan hutan PT SM ditolak.

Ketua Ima Madina Ahmad Irwandi Nasution di Panyabungan, Rabu (04/04/2012) mengatakan, pihaknya terus melakukan penolakan keberadaan PT SM di Madina, karena PT SM bisa merusak hutan Madina. Bukti penolakan kita telah menyurati Bupati Madina, Gubsu dan yang terakhir Menteri Kehutanan

Surat yang dilayangkan ke Menteri Kehutanan dengan Nomor: 28/SEK-DPP IMA Madina/B/III/2012, isinya menolak izin Pinjam Pakai kawasan Hutan PT Sorikmas Mining.

Dalam surat itu DPP Ima Madina meminta Menteri Kuhatanan melakukan upaya hukum terhadap kontrak karya PT SM kepada Mahkamah Agung, kerana kontrak karya tersebut sangat tidak sejalan dengan UU Otonomi Daerah, UU No 40 Tahun 2009 tentang Minerba dan UU No 05 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosisitem.

Selanjutanya Ima Madina minta Menteri Kehutanan sebaiknya menolak permohonan pinjam pakai kawasan hutan Madina untuk eksplorasi/eksplotasi pertamabangn atas PT SM kerana akan menyebabkan kerusakan hutan, bencana ekosistem dan kurasakan DAS Batang Gadis.

“Kita juga meminta agar Menhut menolak permohaan pinjam pakai kawasan hutan karena permohonan tersebut cacat hukum karena seluruh persyaratan permohonan termasuk rekomendasi Bupati Madina No: 522/1533/Hutbun/2010 tertanggal 20 Agustus 2010, rekomendasi Plt Gubsu No 522/8173 tanggal 5/8/2011 terbit dalam status areal Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) dan syarat-syarat administrasi lainya diterbitakan sebelum putusan MA RI Nomor 29P/HUM/2004 tanggal 17 September 2008 dieksekusi dan dilaksanakan Menhut,” sebutnya

Menteri Kehutanan Republik Indonesia diminta mempertimbangkan aspirasi masyarakat Madina yang menolak keberadaan PT Sorikmas Mining sebelum menerbitkan perizinan baru bagi PT SM. Karena hampiur seluruh masyarakat Madina menolak keberadaan perusahaan ini. (BS-026)

sumber: http://beritasumut.com/index.php/younews/38-peristiwa/6893-dpp-ima-madina-terus-tolak-keberadaan-pt-sm

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke DPP Ima Madina Terus Tolak Keberadaan PT SM

  1. Nazamuddin berkata:

    http://waspadamedan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=19830:bom-waktu-tambang-emas-madina&catid=59:opini&Itemid=215

    Kalau kawan – kawan cinta akan Madina,,, Hal yang paling utam kita singkirkan dari Bumi Madina adalah Tambang Ilegal yang sama sekali tidak ada ijin apa-apa. Menggunakan bahan Mercuri sebagai pengolahan emas secara langsung. Banyak korban yang tertimbundi kawasan lobang tambang liar yang bukan lagi rahasia umum di Mandailing Natal??

    Saya hanya takut niat kawan-kawan hanya semata di tunggangi kepentingan beberapa kelompok.

    Kenapa tidak disurati Bupati untuk pelanggaran Tambang Liar ???
    Kenapa Tidak Disurati Gubernur untuk penggunaan merkuri secara bebas ???
    Kenapa tidak disurati Mentri kehutanan untuk penebangan pohon secara liar di kawasan tambang ilegal ???

    Saya hanya ragu niat kawan-kawan tulus membela Masyarakat, Pelanggaran yang Utama dan di depan mata saja di Birakan,.

    Dari awal saya hanya menyatakan Usir Tambang Liar yang sudah Jelas Melanggar Hukum dan mementingkan perut beberapa cukong saja ??? Baru saya yakin niat KAwan-kawan akan Usir Sorikmas demi kepentingan Masyarakat.

    Saya hanya menyampaikan “Banyak Kemunafikan terjadi karena Uang/emas Sudah dijadikan Tuhan”

    Saya harap kawan-kawan bukan termasuk orang2 Munafikun tersebut.

    Nazamuddin
    Sipolu-polu

    • kemal idris nasution berkata:

      diskusi soal PT sorik masmining atau tambang rakyat seperti kurang efektif di lakukan via media ini. Kalau anda peduli terhadap kampung halaman ada baiknya kita duduk satu meja untuk merumuskan ide dan gagasan terkait keberadan PT. Sorikmas Mining dan tambang rakyat di Madina, mna yg mnguntungkan masyarkat dan mana yg mengancam kehidupan totalitas kehidupan Masyarakat madina. anda nyatakan Tambang Rakyat Ilegal berikan referensinya knpa anda vonis Tambang rakyat Illegal, apakah mnurut anda PT. SM halal di Madina yg telah merampas hak masyarakat luas??? Klo bleh berspekulasi mngkin anda adalah penikmat gemerincing logam yg diberikan lewat sosialisasi perusahaan.

      kita siap Dialog, Diskusi, Seminar atw ntah apa pun nmanya untuk mengevaluasi keberadan PT. SM dan Tambang Rakyat di Madina.

      Salam cerdas Buat saudara Naza

      CP (085275269451) Kemal Idris Nasution

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s