sattabi sapulu

PT Sorik Mas Mining (SMM) adalah perusahaan tambang emas dengan wilayah kontrak karya di Kabupaten Mandailing Natal, persisnya di Kecamatan Kotanopan, Muara Sipongi, dan Ulupungkut dengan area kontrak seluas 24.300 Ha. Sementara seluas 41.900 Ha yang lain terletak di Kecamatan Siabu, Bukit Malintang dan Panyabungan Utara. Sebanyak 75% saham PT SMM dimiliki Sihayo Gold Limited (http://www.sihayogold.com/view/home/) dan 25% sisanya oleh PT Aneka Tambang.

Area kontrak PT SMM sebagian besar berada di Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) yang merupakan area tangkapan air bagi Sungai Batang Gadis yang berperan sangat penting untuk menjaga ketersediaan air bagi 360.000 orang, 34.500 Ha sawah, serta 43.000 perkebunan rakyat.

Di bidang keanekaragaman hayati, Kawasan DAS Batang Gadis merupakan habitat mamalia khas Sumatra yang penting untuk konservasi global seperti, Harimau Sumatra, Kambing Hutan, Tapir, Beruang Madu, Rusa Sambar, Kijang Muncak, dan Kucing Hutan; serta kawasan ini juga menjadi habitat 247 jenis burung dengan 47 jenis diantaranya merupakan burung yang dilindungi di Indonesia.

Kasus-kasus pertambangan dan migas yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa ekstraksi kekayaan alam dengan model seperti ini hanya mendatangkan keuntungan bagi segelintir elit masyarakat yang berkuasa dan menjadi kutukan bagi sebagian besar masyarakat yang tinggal di daerah pertambangan. Kasus konflik berkepanjangan di Papua, pencemaran di Teluk Buyat, dan Bencana Lumpur Lapindo, adalah beberapa contoh yang sudah terjadi dan harus dijadikan pelajaran.

Tak ada jalan lain, PT SMM harus diusir dari Bumi Madina. Rapatkan barisan. Ajak bergabung kawan-kawan kita semua, mora, kahanggi, dan anak boru.

terima kasih.

Gabunglah di group USIR SORIK MAS MINING DARI BUMI MADINA di fesbuk

Anda dapat mulai berselancar di sini:

  1. Opini; berisi opini-opini lepas mengenai persoalan PT Sorikmas Mining yang ditulis secara kronologik dan multi-tema.
  2. Berita; kliping berita mengenai perjuangan pengusiran PT Sorikmas Mining dari Bumi Madina.
  3. Blogger; kumpulan alamat blog para blogger yang berasal dari Mandailing.
  4. DICARI; bagian berisi pencarian admin blog ini.
  5. Dokumen; berisi dokumen-dokumen penolakan PT Sorikmas Mining, misalnya notulensi rapat desa, Undang-Undang, dan Deklarasi.
  6. Kontribusi; cara berkontribusi bagi siapa saja yang mau menulis di blog ini.
  7. Jaringan; lembaga dan perorangan yang memiliki sikap yang sama.
  8. Video-video; berupa potongan siaran televisi yang menyiarkan gerakan penolakan terhadap PT Sorikmas Mining.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s